Rabu, 15 Maret 2017

JENIS-JENIS APRESIASI

istilah apresiasi berasal dari bahasa Inggris to apreciate yang artinya menghargai atau menilai. Secara definisi, apresiasi dapat diartikan kegiatan seseorang dalam menilai atau menghargai karya seni. Langkah-langkah dalam berapresiasi sering dilakukan dengan pengamatan, penikmatan, penghayatan, dan penilaian.

Dalam penilaian, setiap orang mempunyai persepsi yang berbeda-beda bentuk. Hal ini timbul karena tingkat penilaian seseorang terhadap seni beragam, latar belakang, tingkat intelektual, serta status sosial yang berbeda-beda. Apresiasi yang timbul ada dua macam, yaitu apresiasi aktif dan pasif. Apresiasi aktif timbul setelah menilai karya seni. Apresiasi pasif biasanya dilakukan oleh apresiator yang masih awam dalam berkarya seni, namun memiliki minat yang baik terhadap karya seni.

Dalam berapresiasi karya seni dikenal beberapa tingkatan, yaitu sebagai berikut :

1. Apresiasi empatik, yaitu apresiasi yang hanya menilai baik dan kurang baiknya sebuah karya seni berdasarkan penglihatan mata (indrawi).
2.   Apresiasi estetis, yaitu apresiasi yang menilai keindahan disertai pengamatan dan perasaan yang mendalam.
3.  Apresiasi kritis, yaitu apresiasi yang sudah dalam tingkatan penganalisisan. Jadi, penilaian di sini tidak sekadar memiliki, tetapi dianalisis secara akurat sehingga hasilnya akan lebih jelas dan terurai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BANCAKAN

Bancakan (Wujud Doa dan Ucapan Syukur Masyarakat Jawa) (Bancakan yang sudah dibagikan kepada anak-anak) Salah satu jenis trad...