Total Tayangan Halaman

Pages

NILAI-NILAI MUSIK

Nilai adalah anggapan tentang kebenaran, kebaikan dan keindahan (bersifat relatif). SEorang yang memainkan musik terutama musik modern dengan penghayatan, penjiwaan yang mendalam disertai pengalaman-pengalaman akan menemukan nilai yang terkandung dalam musik tersebut, yakni:
 
- Nilia Religius (Pendidikan Agama) 
Yaitu dengan menyanyikan lagu-lagu kerohanian, keagamaan, akan menambah iman. takwa kepada Tuhan sehingga keyakinan agama bertambah mantap dan kuat.

- Nilai Semangat Juang
Musik modern menekankan sisi menghibur, mengumpulkan masa ataupun pertunjukkan. Pada lagu-lagu modern nilai musik sesuai dengan usia, misal remaja: musik-musik rock, dangdut; usia anak-anak: musik yang sesuai dengan karakter anak-anak; usia tua atau orang tua: musik yang slow, pop dan lagu-lagu kenangan.

- Nilai Estetis/Keindahan
Yaitu musik yang dapat menimbulkan keindahan, merasakan indahnya alunan nada sehingga hati terhibur dan nyaman.

- Nilai Pendidikan
Dengan memainkan musik dengan baik, penuh penghayatan akan menemukan nilai pendidikan, pengajaran, budi pekerti luhur, mengembangkan bakat, emosi dan memberikan pengalaman yang berharga. Dengan hal tersebut kehidupan pribadi. khidupan keluarga, kehidupan lingkungan, kehidupan masyarakat, dan kehidupan negara akan tertata dengan baik.

-Nilai Kemanusiaan
Nilai humanistik bahwa setiap karya musik adalah wujud pikir budaya dan kemanusiaan

- Nilai Bisnis/Komersial
Dengan adanya musik dapat mendatangkan finansial/keuangan, karena seringnya tampil dalam acara-acara tertentu dengan honor yang lumayan besar maka musik dapat bernilai komersial.

0 komentar:

Posting Komentar