BANK MANDIRI MPU TANTULAR SEMARANG

Datang ke Semarang tentu saja kurang lengkap apabila tidak datang ke kawasan Kota Lama. Di kawasan ini kita dapat menikmati bangunan-bangunan kolonial yang indah dengan banyak spot foto menarik. Apabila kita datang dari arah Jalan Pemuda, maka salah satu gedung kolonial yang menyambut kita adalah Bank Mandiri Jalan Mpu Tantular Semarang.


Gedung Bank Mandiri Mpu Tantular merupakan salah satu gedung heritage di Kota Semarang dan telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya oleh Pemkot Semarang. Statusnya sebagai bangunan cagar budaya tersebut rupanya sangat didukung oleh pihak Bank Mandiri sendiri. Terbukti, Bank Mandiri melaksanakan restorasi atau pemugaran gedung. Proses restorasi tersebut melibatkan instansi-instansi terkait seperti: BPCB Jawa Tengah, BPK2L Kota Semarang, Pemkot Semarang, Unit Konservasi dan Heritage PT. KAI, dan Pemerhati Cagar Budaya Kota Semarang. 

Restorasi sendiri dilaksanakan sejak akhir tahun 2015 sampai akhir tahun 2016. Kegiatan restorasi gedung kuno kembali ke bentuk asli tentu saja memakan biaya yang tidak sedikit. Hal tersebut rupanya tidak menyurutkan semangat dari pihak Bank Mandiri karena Bank Mandiri ingin memberikan kontribusi melalui pengelolaan aset cagar budaya lokal yang berpotensi menjadi ikon kota dan destinasi wisata. Semangat tersebut juga sejalan dengan visi Bank Mandiri untuk ikut membangun negeri. 

Sejarah singkat:
Bank Mandiri Jl. Mpu Tantular dibangun pada tahun 1908. Gedung ini dahulu merupakan kantor dari Nederlands Handel Maatschappij (NHM), salah satu korporasi terbesar masa kolonial Hindia Belanda. Pembangunannya dilakukan oleh Gerda van Sraaten.

NHM merupakan bentuk baru dari VOC yang didirikan pada 1824, merupakan kumpulan pedagang-pedagang pada masa kolonial. Kejayaan NHM berakhir mana kala Bung Karno menasionalisasikannya pada tahun 1960 menjadi Bank Expor-Impor (Exim) dan PT. Pantja Niaga. Lalu pasca merger berbagai bank pada tahun 1999 aset-aset NHM menjadi milik Bank Mandiri. Pada akhir tahun 2015 dilakukan restorasi dengan melibatkan instansi-instansi terkait. Proses restorasi selesai pada tanggal 15 November 2016. Sampai saat ini gedung Bank Mandiri Mpu Tantular sebagai gedung heritage dan cagar budaya masih beroperasi dengan mengadaptasi ruang yang ada supaya bentuk asli bangunan tidak berubah.


Krystiadi
Penggiat Budaya

Komentar