SUSUNAN PANITIA PAMERAN KELAS

Pameran  merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan ide atau gagasan kepada publik melalui media karya seni. Melalui kegiatan ini diharapkan terjadi komunikasi antara perupa dengan apresiator. Penyelenggaaan pameran dalam konteks pembelajaran seni budaya bisa dilakukan baik di sekolah atau di luar sekolah. Dalam hal ini akan dipaparkan sebuah rancangan kegiatan pameran di dalam kelas.

Tujuan sebuah pameran di dalam kelas diharapkan mendapat apresiasi dan tanggapan dari teman-teman satu kelas untuk meningkatkan kualitas berkarya selanjutnya. Sedangkan manfaat pameran di dalam kelas adalah untuk menumbuhkan dan menambah kemampuan siswa dalam memberi apresiasi terhadap karya teman serta menambah wawasan dan kemampuan dalam memberikan evaluasi karya secara lebih objektif. 

Berkaitan dengan organisasi penyelenggaraan pameran, kegiatan ini bermanfaat untuk melatih kerja kelompok, mempertebal pengalaman sosial, melatih untuk membuat suatu perencanaan kerja, melaksanakan apa yang telah direncanakan. Kegiatan pameran selain bermanfaat dalam melatih kerjasama, sebenarnya fungsi utama kegiatan pameran adalah sebagai alat komunikasi antara pencipta seni dengan para apresiator.

Supaya pameran dapat berjalan dengan lancar maka perlu direncanakan (dirancang) dengan sistematis dan logis. Sebuah perencanaan penyelenggaraan pameran seni rupa perlu dilaksanakan langkah-langkah sebagai berikut: Menentukan tujuan, menentukan tema pameran, menyusun kepanitiaan, menentukan waktu dan tempat, menyusun agenda kegiatan, menyusun proposal. Posting ini tidak akan membahas keseluruhan langkah-langkah pameran, tetapi hanya membahas susunan kepanitiaan saja.

SUSUNAN PANITIA PAMERAN KELAS

Ketua
Ketua panitia adalah pimpinan penyelenggaraan pameran yang bertanggung jawab terhadap kelancaran pelaksanaan pameran. Ketua dalam pelaksanaan tugasnya harus mampu berkomunikasi, mampu bekerja sama dengan baik, dan mampu bekerja sama dengan berbagai pihak yang mendukung kegiatan pameran.
Tugas ketua dan wakil ketua dalam pameran di kelas kita adalah mengkoordinasi kegiatan pameran, membuat sambutan opening reception (contoh pembukaan klik disini.), dan membacakan sambutan.

Sekretaris
Tugas pokok sekretaris adalah menulis seluruh kegiatan panitia elama penyelenggaraan pameran, surat menyurat, mengarsipkan surat-surat penting dan menyusunnya sesui tanggal, waktu pengeluaran surat-surat tersebut secara cermat dan teratur, membuat laporankegiatan sebelum, sedang, dan sesudah pameran.
Tugas Sekretaris dalam kelas kita adalah membuat catatan rapat notulen (contoh notulen klik disini), membuat surat undangan kepada Kepala Sekolah, Guru, dan Orang tua murid (contoh surat undangan klik disini)

Bendahara
Bendahara bertanggung jawab pebuh tentang penggunaan, penyimpanan, dan penerimaan uang dana yang masuk sebagai biaya penyelenggaraan pameran. Seorang bedahara harus dapat menyusun laporan pertanggung jawaban atas penggunaan keuangan.
Tugas bendahara dalam kelas kita adalah meminta uang iuran kepada temen-temen sekelas, mencatatnya, dan melaporkannya. (Contoh laporan keuangan klik disini)

Seksi Usaha Dana
Berkewajiban membantu ketua dalam pencarian dana atau sumbangan dari berbagai pihak, menutupi biaya pameran. TUgas dari seksi ini adalah membuat surat perjanjian kerjasama dengan pihak lain. (Contoh surat perjanjian klik disini)

Seksi Acara
Seksi acara dalam kelas kita bertugas membuat susunan acara pembukaan pameran di kelas dan bertugas menjadi pembawa acara (MC). Berikut contoh skrip pembawa acara. (Klik disini)

Seksi Publikasi dan Dokumentasi
Seksi publikasi bertugas sebagai juru penerang kepada umum melalui berbagai media seperti dengan surat-surat pemberitahuan, spanduk kegiatan, pembuatan poster pameran. Seksi dokumentasi membuat laporan dokumentasi pameran dengan mengumpulkan hasil pemotretan tentang kegiatan dari awal sampai akhir.
Tugas seksi ini dalam kelas kita adalah membuat poster, dan memotret kegiatan pameran. (Contoh Poster lihat disini)

Seksi Dekorasi
Seksi dekorasi adalah mengatur tata ruang pameran supaya terlihat indah dengan cara menghias ruang pameran, dan ebrtugas mengatur denah dan penempatan karya yang dipamerkan.

Seksi Pameran dan Seleksi Karya
Tugas seksi pameran dalam kelas kita adalah menyeleksai karya temen-temen untuk dipamerkan, dan mempersiapkan karya tersebut dengan sebaik-baiknya. (Lihat contoh disini)

Seksi Stan dan Penerima Tamu
Seksi stan adalah penjaga pameran yang bertugas menjaga kelancaran pameran, mengatur pengunjung mulai dari masuk sampai ke luar.Petugas ini diharapkan melayani para pengunjung secara ramah dan sopan. Selain menjadi penerima tamu, seksi ini dalam kelas kita bertugas membut buku katalog sederhana. (Lihat contohnya disini).

Seksi Perlengkapan
Seksi ini memiliki tugas mengatur berbagai perlengkapan yang digunakan dalam penyelenggaraan pameran. seksi ini bekerja sama dengan seksi dekorasi dan penataan ruang mempersiapkan tempat penyelenggaraan penataan pameran.

Komentar

Postingan Populer